Peralihan media pemasaran secara daring mengalami percepatan di era perkembangan teknologi informasi. Rata-rata tiap orang menghabiskan waktu menggunakan internet di setiap platform adalah 8 jam 36 menit.  Tren media konvensional terus mengalami penurunan peminat dari tahun ke tahun, misalnya saja koran yang tadinya memiliki 28 % peminat turun menjadi 19%, tabloid dari 20% market turun menjadi 13%, disusul majalah dari menguasai 20% menjadi 12%, sedangkan radio dengan 46 % pengguna turun menjadi 39%.

Bill gates pernah berkata bahwa jika bisnis Anda sekarang tidak beralih ke internet, maka bisnis kalian akan keluar dari peminat (pasar). Terutama jika mengambil segmen pasar generasi milenial kebawah, rentang usia 13-39 tahun merupakan mayoritas pengguna tech-savvy yang aktif.

Laporan ini diambil dari data pengguna internet aktif di Indonesia terdaftar yang berjumlah lebih dari 150 juta pengguna. Angkanya terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Peningkatan ini dibarengi dengan harga produk teknologi yang semakin terjangkau di pasaran. Tidak menutup kemungkinan semua peralihan bisnis akan menggunakan internet sebagai penghubung, terlebih dipercepat setelah kehadiran Covid-19 yang membuat kegiatan bisnis beralih ke teknologi.

Saat ini Google menjadi raksasa mesin pencari yang paling banyak digunakan. Kunjungan pengguna setiap bulannya mencapai 1 milyar lebih trafik dengan rata-rata 8 menit per visit. Jumlah ini merupakan angka yang besar dibandingkan jika Anda harus mengumpulkan jumlah pengunjung ini dalam satu stadion. Keunggulan dari peralihan bisnis ke digital adalah tingkat efisiensinya, Anda hanya perlu memiliki perangkat lalu bisa mencari apapun informasi yang dibutuhkan.

Selaras dengan kegiatan transaksional, marketing berasal dari kata market yang artinya pasar. Seluruh kegiatan bisnis harus bisa beradaptasi menyesuaikan dengan permintaan pasar. Sedangkan digital marketing merupakan seni memasarkan produk dengan menggunakan media digital/internet yang dapat menjangkau konsumen dengan cepat, tepat, terukur dan relevan.

Pengiklan terbanyak menggunakan sarana Facebook. Platform ini didukung Facebook Bisnis yang dapat mengintegrasi layanan Facebook, Instagram dan WhatsApp dalam satu waktu. Namun Global Web Index menyebut, 86% transaksi produk bisa terjadi melewati produk layanan terpercaya seperti e-commerce. Dengan adanya layanan internet, Anda bisa memanfaatkan segi keunggulannya melalui digital marketing.

Manfaat Digital Marketing

Pemasaran melalui internet adalah investasi masa depan untuk bisnis maupun usaha Anda. Aktif mencari tahu seluk beluk seputar digital marketing bisa memperbanyak kolom pendapatan Anda. Berikut manfaat dari kegiatan pemasaran online:

Hasil terukur dan real time

Keunggulan penjualan dari online adalah Anda bisa mendapat profil pembeli serta mengetahui informasi apa yang mereka sukai melalui aktivitasnya yang terekam di internet. Contohnya jika Anda menggunakan profil bisnis di Instagram, Anda bisa membuka insight lalu mengetahui jenis kelamin mana yang paling sering mengunjungi lapak Anda. Kemudian berasal dari kota atau negara mana saja serta bisa membaca postingan mana yang paling digemari oleh setiap orang.

Tertarget

Jika Anda hendak menjual produk tertentu kepada konsumen, Anda perlu mendapatkan konsumen yang cocok dengan produk Anda. Keunggulan targeting dari pemasaran digital artinya, Anda bisa menentukan siapa yang akan menjadi konsumen Anda? Bagaimana latar belakang atau kesukaan dari konsumen Anda? Dan berapa banyak peminta pasar dari produk Anda? Tanyakan hal berikut yang dapat membantu Anda menargetkan pasar sesuai kebutuhan usaha Anda.

Fungsi targeting ini akan sangat membantu dalam proses promosi. Budget Anda tidak akan terbuang sia-sia jika saja Anda tahu cara memasarkan produk yang benar kepada segmentasi market yang tepat.

Biaya relatif rendah

Pernahkah Anda tahu berapa biaya yang dikeluarkan untuk satu kali tayang iklan di televisi? Ya, Anda boleh riset sekarang juga. Harganya sungguh sangat fantastis dibandingkan Anda mengiklankan produk yang sama di media sosial ataupun di e-commerce.

Selain dapat mengatur budget yang Anda inginkan, tidak terlalu banyak prosedur yang rumit seperti jika Anda hendak mengiklankan ke media massa konvensional. Maka dari itu banyak sekali usaha menengah yang lebih mempercayakan pemasaran online dibandingkan harus menghabiskan budget marketing dengan mencetak atau memproduksi media konvensional.

Jangkauan Global

Pemasaran digital memiliki keunggulan tertinggi menembus ruang dan waktu. Dengan internet, Anda bisa berkumpul dengan orang dari seluruh dunia hanya menggunakan platform yang tepat. Jika Anda ingin melakukan kegiatan seperti ekspor atau impor, Anda bisa mendapatkan pembeli dari negara mana saja dengan menjual melalui e-commerce global seperti Amazon, Taobao, dan sebagainya. Forum internasional juga banyak menawarkan layanan yang dapat mempermudah Anda melakukan transaksi kapan dan dimana saja.

Peluang Sukses Tinggi

Sudah banyak cerita kesuksesan seseorang dengan berjualan online. Ketik saja di mesin pencari mengenai pengusaha muda, maka Anda akan menemukan segudang cerita di media massa mengenai profil kesuksesan. Internet bukan hanya mengubah cara hidup seseorang melainkan juga mengubah gaya konsumsi masyarakat untuk lebih aware terhadap tren dan perubahan yang bergerak dinamis secara cepat.

Membangun Reputasi Merek Bisnis

Bisnis baru bertumbuh dengan cepat di era sekarang. Anda sudah bisa mulai bekerja dari rumah dengan mempelajari semua hal lewat media digital. Pemilik bisnis yang berhasil memasarkan produk di internet dengan membangun reputasi yang baik akan berkembang menjadi usaha yang mudah dikenali di pasaran. Membangun reputasi bisa dengan cara memahami market Anda, mendapatkan hati para market Anda dan menjadi top of mind bagi para konsumen Anda. Membuat konsumen menjadi pelanggan yang mencintai produk/layanan Anda.

Mendatangkan Pelanggan Baru

Jika nama produk atau toko Anda mudah dicari di internet, maka ini adalah kabar baik bagi kelangsungan bisnis Anda. Konsumen dapat menemukan Anda dengan mudah, plus konsumen yang begitu menyukai produk Anda akan menghasilkan pelanggan yang bisa mempromosikan produk dari mulut ke mulut (word of mouth).

Mudah Membangun Database

Bisnis online mengandung data atau informasi yang begitu baik untuk mempromosikan kembali usaha Anda atau mengingatkan kembali pada pelanggan Anda mengenai produk yang hendak Anda pasarkan. Database berfungsi untuk memaksimalkan potensi pemasaran digital Anda supaya bisa menjangkau pada konsumen yang tertarik dengan produk Anda, atau yang sudah pernah membeli atau menggunakan layanan produk Anda