Venuslive.idKomunikasi merupakan salah satu hal yang terpenting dalam segala aspek. Terutama dalam hal berbisnis. Tidak hanya mengutamakan komunikasi dengan para investor, klien, atau mitra, tapi perlu juga menjaga hubungan yang baik dengan media dan juga publik.
Biasanya keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dapat tercapai berkat kesuksesannya dalam menjalin hubungan yang baik dengan media. Dengan adanya relasi yang terjaga, tentunya perusahaan akan mendapatkan banyak dampak positif. Seperti kegiatan atau aktivitas positif dan ”Berhati-hati“ dalam menyampaikan hal negatif. dapat dengan mudah dipublikasikan dan disebarkan. Kemampuan berkomunikasi adalah suatu hal yang akan selalu berhubungan erat dengan dunia kehumasan atau public relations. Media relations adalah tugas yang wajib dilakukan oleh humas dalam organisasi atau lembaga agar memberikan dampak yang baik terhadap brand image.

jasa konferensi pers

Sumber: pexels

Kita semua juga harus menyadari bahwa ruang lingkup dunia bisnis selalu berubah dari waktu ke waktu, bersifat fluktuatif dan tentatif. Sehingga hal ini menjadi pr bagi public relations dalam memperhatikan dan khususnya menanggapi hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan organisasi lewat tindakan dan proses yang tepat serta berkelanjutan.

Tidak lupa, evaluasi menjadi sangat penting untuk diketahui oleh kehumasan. Karena hal ini dapat menjadi tolak ukur organisasi dan pembelajaran agar kedepannya tidak lagi melakukan kesalahan dan menjadi lebih baik lagi.

Setiap perusahaan atau organisasi baik itu perusahaan milik negara ataupun swasta pastinya membutuhkan hubungan yang baik dengan pihak eksternal diantaranya dengan media/pers, dalam menjalankan kerjasama yang baik tentunya dibutuhkan relasi yang baik demi tercapainya tujuan bersama. Baik itu tujuan media maupun tujuan perusahaan.

Tapi mungkin banyak dari mereka yang ragu untuk menggunakan jasa ini, karena masalah biaya dan lainnya. Padahal ada agensi yang menawarkan jasa press conference murah dan pastinya bisa berjalan sukses!

Apa itu konferensi pers?

Press Conference ialah acara khusus yang diadakan guna memberitahukan, mengumumkan, menginformasikan, atau mengklarifikasi mengenai kegiatan, baik yang sudah terjadi maupun yang akan dilakukan. Biasanya informasi yang disampaikan berkaitan dengan penerbitan suatu produk, pemaparan program, pra ataupun pasca event, kerja sama, perubahan nama perusahaan, dan lain sebagainya (DP Lestari 2019).

Definisi lainnya Press conference adalah salah satu kegiatan komunikasi Humas yang bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan media agar dapat bekerja sama dalam menyampaikan informasi organisasi kepada publik. Aktivitas tersebut adalah peran seorang humas atau PR di dalam lembaga atau organisasi dengan tujuan utama membangun reputasi dan citra positif. Press conference bagi perusahaan atau organisasi, baik itu swasta maupun Lembaga Milik Negara adalah wujud dari good corporate atau good government, lho.

Jadi dapat disimpulkan bahwa presscon yakni aktivitas yang diselenggarakan oleh organisasi guna menjaga ikatan baik dengan media sehingga corporate mendapatkan keuntungan dalam hal membangun citra dan reputasi yang baik di mata publik.

Tujuannya Apa?

Apa tujuan konferensi pers

Sumber: pexels

Suka kepikiran nggak sih, sebenarnya apa tujuan dari diadakan kegiatan ini, berikut penjelasannya:

Untuk menyampaikan berita positif kepada masyarakat terkait aktivitas industri, menetralisir atau meluruskan isu-isu buruk yang bertebaran, memperkenalkan produk atau jasa lainnya sehingga dapat menunjang pemasaran dan penjualan, ekspansi ekspor, produksi, prestasi lembaga dan lainnya; dan membina relasi secara langsung dengan pers (Iriantara, 2003:135).

Tujuan utamanya ialah untuk menyampaikan statement atau suatu informasi dari perusahaan atau perorangan dimana narasumber mengundang wartawan dan perwakilan media massa untuk datang dan meliput. Harapannya berita akan sebarkan seluas-luasnya. Publikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran.

Manfaat yang didapatkan:

  1. Brand lebih dikenal
  2. Tingkatkan reputasi positif terhadap brand, perusahaan, produk atau diri kamu
  3. Meningkatkan kepercayaan customer
  4. Klarifikasi berita negatif dan merubahnya menjadi positif atau netral
  5. Membentuk citra positif
  6. Sebagai ajang promosi produk, usaha, atau organisasi agar semakin dikenal

Mengapa konferensi pers dibutuhkan?

  1. Kita bisa menjawab pertanyaan secara tatap muka dan tuntas. Dari pada harus sati-satu menjawab pertanyaan lewat telepon.
  2. Membuat media tertarik serta mau menjadikan bahan berita, sehingga masyarakat dapat mengenal hal-hal yang mungkin saja tidak menjadi perhatian mereka bila tidak ada konferensi.
  3. Narasumber bisa mengeluarkan suatu pernyataan dan diikuti dengan sesi tanya jawab, sehingga segala kesalah pahaman atau berita yang disampaikan jelas dan tepat sasaran. Sehingga mampu menutup atau memutus segala isu-isu tidak benar yang bertebaran.

Langkah yang perlu dilakukan agar konferensi pers berjalan sukses:

  • Menetapkan siapa yang akan menjadi moderator/juru bicara dan narasumber
  • Menyediakan tempat yang strategis dan fasilitas yang memadai
  • Menyusun daftar media mana saja yang akan diundang
  • Menentukan waktu yang baik untuk mengundang pers
  • Menyediakan alat-alat, seperti alat tulis, mic, lighting dan lain-lain
  • Sediakan makanan dan minuman
  • Siapkan media kit
  • Menyiapkan berkas atau lembar perencanaan perihal poin poin informasi yang akan disampaikan
  • Alat-alat pendukung seperti meja, kursi, LCD projector dsb

 

Siapa saja yang memerlukan Konferensi Pers?

 

 

pentingnya konferensi pers

Sumber: highlight.id

Umumnya konferensi pers diadakan oleh:

  • Politikus
  • Public figure
  • Pemerintahan
  • Lembaga yang ingin melaporkan laporan keuangan kepada investor agar mendapatkan kepercayan
  • Studio film
  • Perusahaan komersial untuk mempromosikan produk terbarunya
  • Pengacara yang ingin mendapatkan dukungan atas kasus yang sedang ditangani
  • Kepolisian
  • Promosi kampus akan program terbarunya
  • Pemberitaan kegiatan sosial yang diadakan komunitas untuk menginspirasi publik
  • Dan pihak manapun yang berkepentingan dalam mendapatkan manfaat dari siaran media.

Presscon biasanya diadakan untuk menjelaskan suatu kasus secara resmi dengan banyak pers, dari pada berhadapan dengan wartawan secara individu yang pastinya akan membuang waktu tenaga dan biaya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pembicara dalam konferensi pers :

  • Pembicara harus dapat memberikan berita kurang lebih dari 10 menit
  • Pembicara harus paham dengan informasi yang disampaikan dan siap menjawab pertanyaan dari media dengan singkat, padat dan jelas
  • Bila belum bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Jangan sampai bilang ”Tidak tahu“ bisa disampaikan dengan ”Akan saya konfirmasi atau pastikan kembali…“
  • Pembicara merupakan pihak yang memiliki jabatan tinggi, karena mereka biasanya lebih paham dan memiliki kredibilitas yang tinggi terhadap organisasi

Di mana Konferensi Pers diadakan?

Nah, biasanya ketika ingin mengadakan konferensi kita menyampaikannya lewat undangan kepada media. Caranya yaitu dengan mengirimkan surat resmi kepada redaksi. Terkadang juga undangan diberi tahu secara spontan saat beberapa wartawan sedang berkumpul bersama narasumber ataupun secara terencana.

Sebenarnya presscon bisa diadakan dimana saja. Bisa diadakan dalam suasana resmi ataupun anda direncanakan. Umumnya diadakan di hotel-hotel, ruang meeting, ataupun eventhall.

Kamu mau mengadakan Press Conference?

Venus menawarkan Jasa Press Conference / Konferensi Pers yang akan membantu kamu dalam mengundang media massa. Kami juga akan membantu dalam pembuatan press release, mempublikasi pemberitaan, sampai reporting hasil dari konferensi pers.

Gimana, setelah baca artikel di atas kamu tertarik untuk menggunakan jasa Venus?