Venuslive.idPublic relations agency (PR/humas)  merupakan pilihan yang tepat bagi corporate yang ingin membangun image dan meningkatkan citra positif di mata publik. Namun, sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui peran penting PR bagi bisnisnya. Padahal membuat citra yang baik untuk brand yang baru maupun yang sudah ada sangat dibutuhkan dan penting. 

Apa itu PR Agency

Sumber: redcomm.id

Lalu sebenarnya apa itu jasa public relations?

Public Relations agency merupakan pemberi layanan humas yang terlibat dalam hal branding perusahaan, dimana tujuannya adalah membantu pelanggan ketika ingin mempromosikan bisnisnya.

Definisi public relations

Public relations (humas) merupakan jembatan antara perusahaan dengan publik/stakeholder (pihak yang berhubungan dengan perusahan) yang mana PR bertujuan menjaga dan meningkatkan citra serta reputasi perusahaan.

Public relations bertugas dalam menjaga hubungan dengan publik. Mereka menyampaikan informasi kepada para stakeholders, agar dapat membentuk, membingkai persepsi publik tentang suatu organisasi. 

Humas juga membantu membangun image perusahaan menjadi menonjol dan unik, berbeda dari kompetitor lainnya.

Latar belakang

Media massa berbasis online memberikan kemudahan akses bagi audiens untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Sebetulnya ini hal ini dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha, dengan memanfaatkan keunggulan dari new media. Melihat penyebarannya yang cepat, jangkauannya luas, dan lugas. Maka dapat mempermudah corporate menyampaikan eksistensi usahanya kepada masyarakat secara aktif lewat pemberitaan media massa.

Masalahnya, untuk membawa informasi tersebut kepada media baik itu cetak maupun online tidaklah mudah. Disinilah Venus sebagai hadir untuk menjembatani usahamu untuk menginformasikan kepada masyarakat sebagai edukasi positif dengan kemasan konten yang menarik, unik dan kekinian.

Alasan untuk Memilih PR daripada Iklan

Memang iklan sangat penting dan berpengaruh membantu untuk menjalin hubungan dengan publik. Tapi, fokus utama dari PR adalah dengan membantu membuat citra organisasi, lebih dari sekadar mengiklankannya saja.

Alasan lainnya adalah PR dapat lebih mengerti apa kebutuhan dan keinginan klien lebih baik daripada klien itu sendiri. Mereka akan menyalurkan keinginannya secara efektif kepada khalayak menggunakan cara yang disebut dengan PR tools.

Hal yang harus dilakukan sebelum memilih Public Relations agency

Hal yang harus dilakukan sebelum memilih Public Relations agency

Sumber: inc.com

  1. Ketahui apa objektifmu

Sebelum kamu memilih agensi PR di Indonesia, pertama-tama kalian harus paham apa tujuan dan kenapa menggunakan jasa ini? Misalnya kamu kamu meningkatkan media coverage atau penjualan? Kegiatan ini akan membantu kalian dan PR agency yang kamu pilih untuk memenuhi kebutuhanmu. Kamu juga dapat bertanya dan berkonsultasi dengan konsultan humas

2. Ketahui Reputasinya

Cari tahu project apa saja yang sudah dikerjakan. Kemudian bisa juga dengan review  komentar klien atau campaign mereka sebelumnya. Tapi perlu kita pahami bersama, kalau pemberi layanan ini masih baru. Jadi wajar kalau reputasinya belum begitu baik. Semuanya balik lagi kepada kamu sebagai customer dalam menentukan pilihan.

  1. Pahami Kebutuhanmu

Dengan banyaknya layanan yang ditawarkan, baiknya diskusikan terlebih dahulu layanan apa yang paling kamu butuhkan. Tidak berbeda jauh dengan poin nomor 1, kebutuhan akan ada hubungannya dengan objektifmu. Kalau sudah memahami dua hal tersebut, kamu akan lebih cerdas dalam memilih jasa yang terbaik.

Manfaat PR agency/konsultan public relations?

Para pebisnis di kota besar sudah banyak yang memakai jasa konsultan public relations. Tapi masih banyak pula pengusaha di kota-kota luar pulau Jawa masih belum begitu paham apa saja manfaat dan benefit dari jasa ini.  

Jadi apa saja sebetulnya manfaat dari konsultan humas untuk brand kamu? Berikut ulasannya:

  1. Brand Awareness

Pastinya salah satu manfaat dari jasa ini adalah mempromosikan merek. Tidak hanya sekadar mempromosikan brand, tapi juga menonjolkan nilai dari merek tersebut. Goals-nya ialah untuk meningkatkan kepercayaan terhadap brand kamu. 

Misalnya, untuk meningkatkan kepercayaan pada produk handphone, maka diperlukan seorang ahli untuk merekomendasikan barang tsb. Kenapa? Karena ia merupakan KOL (key opinion leader) yang mampu mempengaruhi audiens untuk melakukan aksi yang menguntungkan dan pastinya bisa meningkatkan kepercayaan publik dong. 

Baca juga: Apa Itu KOL Management: Pengetian, Manfaat, hingga Cara Memilih KOL yang Tepat

Pada elemen ini pula agensi dapat mengerjakan, menyarankan, menganalisis serta merencanakan ide, strategi, koneksi dan hal-hal lainnya yang diperlukan oleh bisnismu.

  1. Menjaga reputasi merek

Kalau reputasi bisnis sudah meningkat, tentunya kita harus menjaga reputasinya agar tetap naik. Sudah menjadi peran bagi humas agensi untuk membantu mengelola brand image selalu dalam kondisi yang baik.

  1. Menjaga hubungan dengan publik

sebetulnya, poin ini merupakan tujuan utama dari public relations, yaitu menjaga hubungan dengan masyarakat. Misalnya seperti memberikan informasi rutin melalui media terkait kegiatan perusahaan, seperti kampanye, kegiatan sosial ataupun program/produk yang baru launching. 

Selain untuk meningkatkan reputasi dan sebagainya, aktifitas ini ditujukan untuk menjaga hubungan yang baik dengan publik luas atau stakeholder.

Ketika kamu sudah memilih jasa konsultasi humas yang profesional, maka kesadaran masyarakat akan brand milikmu akan meningkat. Agensi public relations membuat semua strategi berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh publik, sehingga kita juga dapat turut menyesuaikan manajemen krisis, manajemen anggaran, dan komunikasi digital atau media sosial yang dimiliki. 

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kalian harus menyesuaikan rencana PR tersebut berdasarkan pengeluaran dan tingkat produksi perusahaan. Supaya strategi yang sudah dibuat bisa dilaksanakan dengan baik dan dapat mencapai tujuan. 

belakangan, banyak perusahaan sudah sadar terhadap pentingnya keberadaan PR secara global untuk membuat reputasi yang baik. Karena untuk menciptakan hal tersebut butuh rencana yang matang dan waktu yang lumayan. Dengan demikian, konsultan PR yang tepat dapat membantu perusahaan kamu.

Kesimpulan

Kehadiran jasa konsultan public relations membuat sebagian perusahaan, khususnya yang masih berkembang tidak perlu membuka divisi humas. Karena kebutuhan yang satu ini tinggal di percayakan saja kepada Venus sebagai jasa agency PR terbaik. Kalau dilihat dari segi pelayanannya sendiri tidak kalah saing dengan divisi humas corporate. Apalagi kalau kita lihat dari segi keahlian juga lebih handal, mengingat jam terbang yang jauh lebih tinggi.

Nah, jadi kamu dengan membutuhkan jasa agency PR? Apa yang bisa didapatkan dari jasa ini, dan dimana anda bisa mendapatkannya? Silahkan klik ikon WA di samping atau klik di sini, kami akan menawarkan kerja sama yang pastinya menguntungkan untuk Venusizer.