Venuslive.id – Saat ini, hampir semua orang menggunakan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari chatting dengan teman, hingga berbelanja barang.

Oleh karena itu, banyak perusahaan yang lebih memilih mempromosikan produknya secara digital. 

Nah, untuk bisa bikin orang tertarik membeli produknya, perusahaan harus bisa bikin copywriting untuk menghipnotis customer melalui tulisan. 

Apa itu copywriting?

 

Sumber: Pinterest

 

Copywriting itu kayak seni dan teknik menulis kata-kata yang bisa bikin orang tertarik buat beli produk atau layanan tertentu.

Biasanya, copywriting ini dipakai buat iklan di media sosial, internet, atau bisa juga di pamflet. 

Jadi, tujuannya sih untuk ngebujuk pembaca agar membeli atau mencoba produk yang ditawarkan. Copywriting yang bagus harus bisa bikin pembaca merasa terhubung sama produknya, dan terdorong untuk membeli atau mencobanya.

Kamu pernah dengar istilah copywriter nggak? nah, itu adalah sebutan untuk orang yang bikin copywriting.

Biarpun tugasnya terlihat gampang, tapi mereka juga harus mikir keras, lho, karena seorang copywriter harus bisa bikin iklan yang persuasif dan menarik, untuk membangun citra perusahaan yang baik di mata publik.

Ada beberapa deskripsi pekerjaan copywriter yang biasanya dilakukan. Salah satunya adalah menulis konten yang jelas dan benar, untuk keperluan perusahaan yang sesuai dengan tone of voice atau brand voice

Nggak cuma itu aja, copywriter juga harus berkolaborasi dengan divisi PR dan marketing, untuk mengembangkan ide marketing campaign perusahaan, berdiskusi dengan klien untuk memahami pesan yang ingin disampaikan dan target audiens mereka, mengusulkan konsep copy yang menarik kepada klien, serta mendengarkan feedback dari klien untuk menyunting dan memodifikasi copy agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jadi, copywriting ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita harus banyak belajar dan berlatih gimana caranya tulisan kita bisa dilirik oleh si pembaca, hingga membuat mereka tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Apa aja jenis-jenis copywriter?

  1. Website copywriter, yang tugasnya menulis berbagai macam informasi dan teks di dalam website agar pengunjung bisa memahaminya dengan mudah.
  2. Niche copywriter. Nah, tugas copywriter jenis ini adalah menulis di bidang yang dia kuasai. Sebagai contoh, Venus Live bisa menyediakan jasa niche copywriter untuk bidang kesehatan, kecantikan, dan lain sebagainya.
  3. Social media copywriter. Copywriter jenis ini biasanya nulis caption di Instagram, Twitter, Facebook, atau platform sosmed lainnya untuk membantu produk perusahaan menarik perhatian.
  4. Ads copywriter. Copywriter jenis ini bikin teks iklan untuk menarik minat calon konsumen.
  5. Technical copywriter. Nah, copywriter jenis ini  membahas tentang cara melakukan sesuatu, biasanya dimuat di brosur, buku manual, atau buku panduan.

Manfaat copywriting buat perusahaan juga nggak boleh diremehkan, loh!

Sumber: Pinterest

 

Copywriting bisa meningkatkan penjualan, jadi media komunikasi antara bisnis dengan audiens, membangun brand image, membuat konten yang sesuai dengan perusahaan, dan mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu.

Nah, sekarang kamu udah tau kan betapa pentingnya copywriting bagi perusahaan? 

Kalau perusahaanmu butuh jasa copywriting, Venus Live selalu siap sedia untuk membantu kamu, ya, nggak perlu repot, dan tinggal terima beres. Yuk hubungi kami dengan klik tombol WhatsApp di bawah ini!

Klik untuk informasi tambahan seputar copywriting