Di zaman yang serba digital ini, siapa sih yang nggak kenal sama istilah influencer atau KOL? 

Yap, Influencer atau KOL emang lagi hype banget di kalangan masyarakat saat ini. Peran mereka yaitu ‘meracuni’ para penggemarnya untuk membeli sebuah produk ataupun menggunakan jasa. 

Tapi, untuk mencapai hasil yang optimal pastinya nggak mudah. Butuh strategi yang matang agar endorsement bisa membuahkan hasil.

 

Peran KOL Handling dan Brand Ambassador dalam Endorsement

KOL Handling adalah proses pengelolaan relasi antara brand dengan influencer atau KOL, mulai dari pemilihan, negosiasi, pengukuran kinerja, hingga penyelesaian kontrak. 

Sedangkan, Brand Ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mewakili merek mereka dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibilang, Brand Ambassador juga merupakan duta merek.

Kedua konsep ini punya strategi yang berbeda-beda, tergantung pada tujuan dan jenis bisnis yang dijalankan.

KOL Handling cenderung fokus pada campaign tertentu dan lebih fleksibel dalam hal waktu dan budget.

Sedangkan, Brand Ambassador biasanya dipilih untuk jangka waktu yang lebih lama dan berperan besar dalam memperkenalkan merek kepada konsumen.

 

Tips Sukses dalam Pengelolaan Endorsement 

Ini dia beberapa tips yang bisa membantu kamu mengelola endorsement agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Pemilihan KOL atau brand ambassador yang tepat
    Pastikan KOL atau brand ambassador memiliki nilai yang sejalan dan audiens yang cocok dengan target pasar merek kamu.
  2. Pahami strategi bisnis dan tujuan kampanye endorsement
    Hal ini akan membantu kamu menentukan jenis KOL atau brand ambassador yang dibutuhkan dan budget yang diperlukan.
  3. Jalin hubungan baik dengan KOL atau brand ambassador
    Selalu jaga komunikasi dan berikan kebebasan kreatif kepada KOL atau brand ambassador agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik.
  4. Pantau dan ukur kinerja endorsement
    Gunakan analytics tools untuk melihat performa kampanye endorsement, serta mendapatkan insight untuk perbaikan ke depan.

Seberapa Efektif Endorsement untuk Keberhasilan Bisnis?

                                         Sumber: Pinterest


Salah satu contoh perusahaan yang mendapat keuntungan besar setelah melakukan endorsement dengan KOL atau Influencer adalah GO-JEK.

Belum lama ini, aplikasi ojek online GO-JEK telah menjalin kerja sama dengan boyband terkenal asal Korea Selatan, BTS. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi para pengguna Gojek di Indonesia, Singapura, dan Vietnam melalui berbagai promosi dan hadiah spesial dari Gojek x BTS yang tersedia di platform Gojek.

GO-JEK memilih untuk berkolaborasi bersama BTS, karena BTS memiliki kemampuan untuk menyebarkan pesan positif melalui lagu-lagu mereka, sehingga sejalan dengan komitmen GO-JEK untuk menciptakan dampak positif bagi seluruh pengguna dan mitra mereka.

Kampanye inipun mendapat sambutan hangat dari masyarakat, khususnya army yang merupakan penggemar dari BTS. Hal ini, menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan untuk GO-JEK. 

Memanfaatkan Jasa Pengelolaan Endorsement 

Selain untuk mendapatkan keuntungan maksimal, jasa pengelolaan endorsement juga bisa jadi pilihan paling cerdas bagi perusahaan yang kekurangan sumber daya,lho.

Nah, kalau kamu tertarik untuk pakai jasa pengelolaan endorsement, yuk pakai jasa dari Venus Live! Kami siap membantumu mulai dari pemilihan KOL hingga pengukuran kinerja. Jadi, kamu tinggal duduk manis aja deh!

Klik tombol WhatsApp yang ada di laman ini dan hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi lebih lanjut!

Mau Tahu Info Lebih Lanjut Seputar KOL/Influencer dan Brand Ambassador? Klik