Kamu pasti sering melihat brand atau seseorang yang viral di media sosial atau media massa, kan? Tahu nggak, rahasia di balik kesuksesan brand tersebut, rupanya karena kekuatan dari press release, lho! 

Tapi, jangan salah paham ya, press release bukan teknik sulap yang bisa membuat brand terkenal dalam sekejap, melainkan bisa membantu suatu brand menjangkau lebih banyak audiens, dan meningkatkan brand awareness mereka. 

PR kit yang satu ini juga mampu membantu membangun kepercayaan dengan memberikan informasi terbaru tentang produk atau layanan mereka, sehingga bisa mencapai tujuan yang lebih besar, seperti meningkatkan penjualan, dan membuat brand jadi lebih berkembang. 

Apa Sih Press Release Itu?

press release

Sumber: Brand Lume

Press release adalah dokumen artikel, yang berisi informasi tentang kegiatan, produk, atau event yang ingin dipromosikan ke media massa. 

Nah, dengan membuat press release a.k.a berita acara yang menarik, kamu bisa membawa brand-mu menjadi lebih dikenal oleh publik, dan pastinya bikin kompetitor pengen bisa seperti kamu, hihi.

Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Tentukan siapa yang akan membeli produk / jasa kamu
  2. Jelaskan apa yang mau kamu bahas
  3. Buat headline yang menggigit dan menarik perhatian
  4. Buat paragraf pembuka yang jelas dan singkat
  5. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti
  6. Sertakan informasi yang relevan dan menarik
  7. Sebarkan rilis ke media yang tepat
  8. Ukur keberhasilan dari rilis media yang sudah diterbitkan

Menggunakan Jasa Terpercaya

Kamu masih bingung atau nggak punya waktu untuk membuat press release sendiri? Jangan khawatir, kamu bisa minta bantuan ke Venus Live.

Dengan jasa ini, kamu akan mendapatkan layanan profesional dalam pembuatan rilis media yang out of the box dan efektif. 

press release

Sumber: Shopivo

Kamu juga akan mendapatkan jaringan media massa yang luas, sehingga press release mu akan jatuh ke media massa yang tepat dan sesuai dengan target pasar kamu. 

Jadi, nggak perlu khawatir lagi deh soal reach segmented market atau mendapatkan prospek customer yang ideal. Tinggal fokus ke kegiatan inti bisnis kamu aja!

Pengaruhnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

Seefektif itu kah press release dalam meningkatkan brand awareness? Yuk kita lihat contoh kesuksesan dari salah satu public figure terkenal, yaitu Hotman Paris. 

Belum lama ini, Hotman Paris mengeluarkan press release yang cukup viral di media sosial, lho, Venusizer. 

press release

Sumber: Instagram @hotmanparisofficial

Bisa kita lihat dalam rilis tersebut, pengacara kondang ini menggunakan bahasa yang nyeleneh dan kontroversial untuk menarik perhatian media massa dan publik. Ternyata, strategi ini berhasil membuat dirinya semakin terkenal dan menjadi sorotan. 

Nah, hal ini membuktikan bahwa berita acara yang unik dan kreatif bisa menjadi kunci kesuksesan dalam meningkatkan brand awareness.

Kalau kamu mau buat seperti punya Bang Hotman, jangan lupa untuk tetap gunakan bahasa yang sopan ya! Kalau nggak, bukannya viral, malah jadi bahan bully-an di media sosial nanti.

Oh iya, kalau kamu butuh bantuan, Venus Live siap membantu kamu untuk membuat press release yang menarik. Yuk, klik tombol WhatsApp di laman ini untuk info lebih lanjut!