Kamu pasti udah nggak asing dong dengan kata branding ataupun marketing? Yap, dalam dunia bisnis, dua hal ini layaknya menjadi fondasi yang pasti ada dan dibutuhkan. Tapi, masih banyak nih yang keliru, bahkan nggak tau perbedaan antara branding dan marketing. Eits, tenang aja.. Kali ini MinVe akan bahas perbedaan di antara keduanya. Jadi, yuk, simak artikel ini sampai habis!
Apa Itu Branding?
Branding adalah tentang menciptakan identitas unik untuk sebuah bisnis. Ini termasuk logo, warna, tagline, dan nilai-nilai perusahaan yang ingin ditonjolkan. Branding bukan hanya soal tampilan, tapi juga tentang bagaimana bisnismu ingin dilihat dan dirasakan oleh pelanggan. Branding yang kuat mampu menciptakan kesan dan pengalaman yang konsisten dan melekat di benak konsumen.
Misalnya, Apple. Dengan desain elegan, teknologi yang inovatif, dan bergengsi, Apple membuat orang berpikir tentang kualitas produknya yang canggih dan merasa keren saat memakainya. Bahkan, para penggemar Apple rela merogohkan kocek hingga puluhan juta hanya untuk mendapatkan produk dari brand ternama yang satu ini.
Selain itu, ada pula Nike yang memiliki tagline ikonik. Melalui tagline “Just Do It”, Nike menginspirasi dan memotivasi pelanggannya, serta menciptakan persepsi di benak mereka, bahwa saat menggunakan produk Nike, mereka bisa lebih semangat dan berani dalam melakukan apa yang mereka inginkan.
Apa Itu Marketing?
Berbeda dengan branding yang fokusnya untuk membangun citra dan persepsi di benak konsumen, marketing adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Marketing mencakup iklan, penjualan, dan promosi. Tujuan utama marketing adalah menarik perhatian target pasar dan mendorong mereka untuk membeli.
Misalnya, kampanye iklan di TV, media sosial, atau billboard yang menarik perhatian dan menginformasikan tentang produk atau promo khusus. Nggak lain nggak bukan, kegiatan ini tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.
Apa Saja Perbedaan Branding dan Marketing?
Branding dan marketing adalah dua hal yang jauh berbeda, baik dari segi tujuan, fokus, hingga pendekatan yang dilakukan. Branding bertujuan untuk membangun identitas suatu brand dan reputasi jangka panjang. Sehingga, hal ini harus benar-benar dipikirkan secara matang, karena kesan dan pengalaman pelanggan itu lah yang akan mereka ingat sepanjang masa. Sedangkan marketing, bertujuan untuk menarik perhatian target pasar dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian secara persuasif. Marketing cenderung berdampak secara jangka pendek.
Kedua, dari segi fokus. Branding menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, salah satunya melalui storytelling. Sedangkan marketing berfokus pada promosi dan penjualan, misalnya dengan beriklan secara konvensional maupun digital.
Yang terakhir, pendekatan. Branding lebih mengarah pada komunikasi pasif dan memberikan pengalaman yang berkesan serta konsisten kepada pelanggan. Sedangkan, marketing lebih mengarah pada komunikasi aktif dan taktik yang dapat menarik pelanggan.
Mengapa Keduanya Penting?
Tak dapat dipisahkan, baik branding maupun marketing sama-sama memiliki peran penting dalam kesuksesan bisnis. Branding menciptakan fondasi kuat untuk bagaimana bisnismu dipersepsikan, sedangkan marketing mendorong penjualan dan pertumbuhan jangka pendek. Kombinasi yang efektif dari keduanya tentu akan membantu bisnismu dalam mencapai kesuksesan jangka panjang dan loyalitas pelanggan.
Jadi, sekarang udah paham kan perbedaan branding dan marketing?