Social media management kini memang menjadi kegiatan efektif bagi sebuah bisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan menjangkau target pasar.
Bahkan, ada sebuah studi dari Sprout Social tahun 2020, yang menunjukkan bahwa 83% pelanggan merasa lebih percaya pada merek yang memiliki kehadiran di media sosial.
Tak hanya untuk sekadar memposting foto biasa, media sosial juga mampu membantu bisnis dalam membangun brand awareness, bahkan meningkatkan penjualan hingga 25%.
Adapun brand yang sangat gencar mengandalkan media sosial untuk meningkatkan penjualannya ialah Skintific, sebuah brand skincare yang viral berkat media sosial TikTok.
Tak hanya itu, brand-brand baru lainnya juga memilih media sosial sebagai platform untuk mengawali pemasaran produk / jasa mereka. Hal ini karena media sosial tak membutuhkan biaya, namun dapat memberikan hasil yang luar biasa.
Kunci Keberhasilan Social Media Management Untuk Sebuah Bisnis
Namun, keberhasilan bisnis dalam mencapai tujuannya tersebut tentu harus diimbangi dengan keahlian social media management yang optimal.
Berikut beberapa langkah yang menjadi kunci keberhasilan sebuah bisnis di media sosial:
1. Identifikasi Target Audience: Sebelum memproduksi konten media sosial, brand harus terlebih dahulu mengidentifikasi dan menentukan target pasar yang ingin digapai. Ini dapat memudahkan mereka dalam menciptakan konten yang efektif.
2. Konten Berkualitas dan Konsisten: Menciptakan konten yang menarik dan konsisten, dapat menarik perhatian banyak orang, serta menciptakan interaksi yang tinggi di media sosial.
3. Melakukan Riset dan Analisis: Dengan melakukan riset terkait jenis konten yang sedang tren di kalangan masyarakat, sebuah brand dapat menyesuaikan strategi yang lebih efektif kedepannya.
4. Interaktif: Tak cukup dengan menyajikan konten yang berkualitas dan tepat sasaran, brand juga harus interaktif. Ini bisa dilakukan dengan merespons pesan dari audiens dengan cepat. Membuat semacam games ringan yang melibatkan mereka juga dapat menjadi ide bagus.
5. Jadwal Posting Teratur: Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat weekly plan atau monthly plan, sesuai dengan kebutuhan brand.
Solusi Mudah untuk Membantu Bisnis dalam Mengelola Media Sosial
Namun, penting untuk menyadari bahwa pengelolaan media sosial yang efektif tentu membutuhkan keahlian tinggi.
Oleh karena itu, banyak digital marketing agency seperti Venus Live (PT Sinergi Komunikasi Global) yang dapat membantu sebuah brand dalam memasarkan produknya secara digital, termasuk mengelola media sosial.
Venus Live (PT Sinergi Komunikasi Global) sendiri adalah Public Relations (PR) & Digital Marketing Agency yang telah berdiri sejak tahun 2017.
Venus Live menawarkan layanan all in one communication, termasuk konferensi pers, publikasi media, penanganan KOL & influencer, digital marketing, social media management, dan sebagainya.
Meskipun terbilang baru, agency dengan akun Instagram @venuslive.id ini telah dipercaya oleh berbagai perusahaan dan public figure ternama untuk menangani berbagai masalah komunikasi mereka.
“Sejauh ini, Venus Live sudah menangani banyak perusahaan dari berbagai sektor. Kecantikan, F&B, hingga kontraktor, semua sudah kami handle,” ucap Lisa selaku Managing Director Venus Live.
“Banyak juga public figure dari kalangan pejabat, desainer terkenal, dan pebisnis,” tambahnya.