Di zaman yang serba digital ini, endorsement bukan lagi jadi hal yang tabu. Terbukti dari banyaknya pebisnis kecil, bahkan perusahaan besar yang bekerja sama dengan influencer atau KOL.
Yap, Influencer atau KOL emang lagi hype banget di kalangan masyarakat saat ini. Peran mereka yaitu ‘meracuni’ para penggemarnya untuk membeli sebuah produk ataupun menggunakan jasa.
Tapi, untuk mencapai hasil yang optimal pastinya nggak mudah. Butuh strategi yang matang agar endorsement bisa membuahkan hasil.
Peran KOL Handling dan Brand Ambassador
KOL Handling adalah proses pengelolaan relasi antara brand dengan influencer atau KOL, mulai dari pemilihan, negosiasi, pengukuran kinerja, hingga penyelesaian kontrak.
Sedangkan, Brand Ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mewakili merek mereka dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibilang, Brand Ambassador juga merupakan duta merek.
Kedua konsep ini punya strategi yang berbeda-beda, tergantung pada tujuan dan jenis bisnis yang dijalankan.
KOL Handling cenderung fokus pada campaign tertentu dan lebih fleksibel dalam hal waktu dan budget.
Sedangkan, Brand Ambassador biasanya dipilih untuk jangka waktu yang lebih lama dan berperan besar dalam memperkenalkan merek kepada konsumen.
Tips Sukses dalam Mengelola Endorsement
Ini dia beberapa tips yang bisa membantu kamu mengelola endorsement agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.
- Pemilihan KOL atau brand ambassador yang tepat Pastikan KOL atau brand ambassador memiliki nilai yang sejalan dan audiens yang cocok dengan target pasar merek kamu.
- Pahami strategi bisnis dan tujuan kampanye endorsement
Hal ini akan membantu kamu menentukan jenis KOL atau brand ambassador yang dibutuhkan dan budget yang diperlukan.
- Jalin hubungan baik dengan KOL atau brand ambassador
Selalu jaga komunikasi dan berikan kebebasan kreatif kepada KOL atau brand ambassador agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik.
- Pantau dan ukur kinerja endorsement
Gunakan analytics tools untuk melihat performa kampanye endorsement, serta mendapatkan insight untuk perbaikan ke depan.
Seberapa Efektif Sih Untuk Keberhasilan Bisnis?
Salah satu contoh perusahaan yang mendapat keuntungan besar setelah melakukan endorsement dengan KOL atau Influencer adalah GO-JEK.
Melalui kampanye “Makin Dekat Makin Untung” pada 2018 lalu, GO-JEK bekerja sama dengan lebih dari 200 influencer di Indonesia untuk mempromosikan aplikasi mereka.
Hasilnya, GO-JEK berhasil meningkatkan pengunduhan aplikasi hingga 20 kali lipat dan transaksi harian meningkat hingga 200% selama kampanye berlangsung.
Selain itu, kampanye ini juga berhasil menghasilkan dampak positif pada citra merek GO-JEK dan meningkatkan loyalitas pengguna mereka.
Keberhasilan ini menunjukkan bahwa strategi penggunaan KOL dan influencer yang tepat dapat membantu bisnis meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan secara signifikan.
Memanfaatkan Jasa Pengelolaan Endorsement
Selaind untuk mendapatkan keuntungan maksimal, jasa pengelolaan endorsement juga bisa jadi pilihan paling cerdas bagi perusahaan yang kekurangan sumber daya,lho.
Nah, kalau kamu tertarik untuk pakai jasa pengelolaan endorsement, yuk pakai jasa dari Venus Live!
Kami siap membantumu mulai dari pemilihan KOL hingga pengukuran kinerja. Jadi, kamu tinggal duduk manis aja deh!
Klik tombol WhatsApp yang ada di laman ini dan hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi lebih lanjut!